Adhenarlin's Blog











{Desember 31, 2009}   RI mempunyai 15 wasit Renang indah Internasional

Jakarta, (tvOne)

Indonesia saat ini memiliki sebanyak 15 wasit renang indah yang bersertifikat Federasi Renang Internasional (FINA) dan layak untuk memimpin pertandingan renang indah baik ditingkat nasional, regional maupun internasional.

Ketua Bidang Renang Indah PB PRSI Fitrah Utami di Jakarta, Rabu (23/12), mengatakan, jumlah wasit renang indah yang telah memiliki sertifikat sebanyak 15 orang yang tersebar di beberapa daerah diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY dan Sulawesi Selatan. “Dari 15 wasit itu, yang saat ini diperbolehkan untuk memimpin pertandingan renang indah hanya lima wasit saja,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, sesuai aturan yang dikeluarkan oleh FINA, masing-masing negara hanya diberi kouta lima wasit saja yang bisa memimpin pertandingan resmi. Dengan demikian tidak semua wasit yang telah memiliki sertifikat bisa turun pada pertandingan resmi. Lima wasit yang saat ini berhak untuk memimpin pertandingan renang indah sesuai dengan keputusan FINA adalah Lia Y Herman (Jawa Barat) Fitrah Utami (DKI Jakarta), Aksa Amir (Sulawesi Selatan), Ragil Sugi Restu (DIY) dan Indah Ramaning (DKI Jakarta). “Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh wasit yang telah memiliki sertifikat. Mereka harus terus terlibat pada pertandingan regional maupun internasional,” katanya menerangkan.

Ia menambahkan, jika wasit yang telah ditunjuk FINA tidak melaksanakan apa yang telah ditetapkan, maka posisinya bisa digantikan oleh oleh wasit-wasit yang lain yang sebelumnya telah memiliki ataupun telah diseleksi oleh FINA. Sementara itu, Sekjen PB PRSI Tonny P Sastramihardja berharap, renang indah bisa secepatnya dikembangkan di pengda-pengda PRSI yang ada di Indonesia. Karena saat ini renang indah baru dikembangkan di tujuh pengda saja. “Renang indah akan dipertandingkan pada SEA Games 2011 nanti. Untuk itu diperlukan atlet-atlet yang layak untuk tampil pada event ini,” katanya.

Menurut dia, setiap pengda yang mengembangkan renang indah harus memiliki wasit yang bersertifikat FINA. Adapun pengajuannya terlebih dahulu harus melalui seleksi yang ketat mulai dari jajaran pengda, PB PRSI hingga diajukan ke FINA. Di Indonesia cabang renang indah baru dikembangkan di tujuh pengda yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Sulawesi Selatan, Jambi dan Sumatra Selatan. (Ant)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: